Agenda Kunker Menkeu RI di Pekalongan, Indonesia Eximbank dan PT. CNF Tandatangani MoU

IMG_20151222_160319

SEPUTARBEKASI.COM – Pekalongan – Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mewakili Menkeu RI Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro melaksanakan kunjungan kerja di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (22/12).

Dalam sambutanya, Wamenkeu Mardiasmo menyampaikan bahwa penting sekali apa yang selalu disampaikan oleh beliau bapak menteri dalam setiap rapat dengan presiden terkait paket kebijakan ekonomi yang harus dirasakan langsung oleh rakyat.

“Kami bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui Eximbank untuk mendorong UMKM yang sifatnya padat karya tapi mampu menjawab tantangan ekspor,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dierktur Eksekutif Indonesia Eximbank Ngalim Sawega menyampaikan bahwa kunjungan kerja Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dalam rangka Penugasan Khusus tersebut merupakan kunjungan lanjutan untuk memantau pelaksanaan program dan berdialog secara langsung dengan pelaku usaha yang mendapatkan fasilitas pembiayaan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank (IEB-).

“Sesuai mandat Pemerintah atas penugasan khusus atau National Interest Account (NIA) dalam hal penyediaan pembiayaan ekspor nasional dalam bentuk. pembiayaan, penjaminan dan asuransi ekspor kepada transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan tetapi dinilai penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi dan kinerja ekspor nasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.08/2015 dan termasuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah 2015,” sambutnya.

Kedepan, lanjut Ngalim Sawega, pelaksanaan tugas khusus oleh Indonesia Eximbank yang merupakan Kebijakan Ekonomi Jilid IV diharapkan tidak hanya menjaga ketahanan usaha dan mencegah PHK, tetapi juga menyerap tenaga kerja dalam mendukung prospek perekonomian Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Sementara, Direktur PT. Tekstil Industri Palekat, Jamaludin Ali Alkatiri sebagai tuan rumah menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta ungkapan terimakasih atas dilaksanakanya program pemerintah tersebut. Menurutnya, industri tekstil yang beberapa tahun silam mengalami keterpurukan dengan masuknya produk cina sangat membutuhkan bantuan, disamping untuk bertahan juga untuk berkembang secara berkesinambungan.

Agenda yang dihadiri oleh jajaran Kementerian Keuangan RI serta pengusaha tekstil dari tegal, pemalang dan pekalongan juga diisi penyerahan bantuan ATBM secara simbolis oleh Wamenkeu Mardiasmo dan penandatanganan Persetujuan Prinsip Pembiayaan oleh Dierktur Eksekutif Indonesia Eximbank Ngalim Sawega dengan Ibu Luqi Hermawati selaku Direktut PT. Cakra Naga Furniture (CNF). Pemberian fasilitas tersebut sama dengan fasilitas yang diberikan kepada PT. Cemerlang Laut Ambon dan PT. Araputra Fortuna Perkasa di Gresik dua pekan sebelumnya. (benx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *